Selasa, 11 Mei 2010

Cita-Cita

Cita-cita adalah tujuan , impian , dan harapan yang hampir dimiliki oleh setiap manusia. Untuk sebagian besar orang cita-cita merupakan tujuan hidup mereka dan sebagiannya lagi menganggap cita-cita adalah sebuah angan-angan belaka yang sulit untuk diraih.
Saya akan berbagai cerita tentang cita-cita saya , karena bagi saya cita-cita adalah salah satu tujuan dalam hidup saya yang harus dicapai agar saya menjadi orang yang berarti dalam kehidupan di dunia ini.
Berawal pada saat saya masih berada di zaman taman kanak-kanak (TK) , pada suatu hari guru saya bertanya pada setiap siswanya "anak-anak apakah kalian mempunyai cita-cita ?" , sepontan semua anak-anak berteriak dan menjawab "ya , bu guru". Banyak dari beberapa siswa memilih guru dan dokter sebagai cita-citanya , tapi dalam pikiran saya sewaktu itu "apa pentingnya cita-cita?" toh pada waktu itu menjadi guru tidak enak yang hanya berpenghasilan pas-pasan saja, sedangkan jika menjadi dokter saya benci sekali dengan jarum suntik , pada akhirnya saya tidak terlalu memikirkan hal mengenai cita-cita saya.
Lalu saya melanjutkan pendidikan dasar saya (SD) dan pada saat kelas 5 SD ada sebuah acara study tour ke Planetarium ketika di dalam gedung planetarium saya terkesan dengan sebuah film yang diputar tentang asal-usul terbentuknya tata surya ini, benda-benda luar angkasa seperti planet-planet, bintang, komet, asteroid, dan matahari. Mulai dari sanalah saya berkeinginan untuk menjadi seorang astronott.
Saya mulai mempelajari buku-buku tentang pelajaran yang membahas tentang benda-benda luar angkasa dan pada saat muncul film Star Wars yang bertema dengan pertempuran di luar angkasa dan film tersebut membuat semangat saya semakin mengebu-gebu untuk menjadi seorang astronot yang dapat menerbangkan pesawat ulang-alik di luar angkasa.
Namun ketika saya semaki beranjak dewas dan pikiran saya telah dipengaruhi oleh lingkungan dan keadaan negeri ini saya berpikir cita-cita saya sangat sulit diwujudkan karena keterbatasan saya. Dan akhirnya saya mulai mengalihkan perhatian saya dari hal-hal yang mengenai luar angkasa ke hal-hal yang berhubungan dengan komputer karena saya memiliki hobi baru pada waktu SMP.
Hobi Saya ini saya lakukan terus menerus dan pada akhirnya saya berpikir bagaimana cara seseorang dapat membuat sebuah program komputer yang begitu canggih dan efisien pada saat itu , lalu saya mulai mencari informasi tentang pekerjaan apa yang dapat membuat sebuah program pada komputer? dan pada akhirnya saya menemukan jawabannya yaitu dia adalah "Programmer" . Mulai saat itulah Saya memiliki cita-cita dan semangat yang baru dalam hidup saya.
Untuk dapat mengejar cita-cita itu saya mulai belajar dengan giat dan berusaha untuk masuk kejurusan IPA sewaktu SMA dan Alhamdulillah saya berhasil dengan melalui beberapa tes IQ dan penjurusan. Lalu saya mulai belajar hal-hal apa saja yang harus dipelajari oleh seorang programmer, dan ketika itu saya mengetahui bahwa untuk menjadi seorang programmer kemampuan matematika dan logika saya harus kuat maka dari itu saya berusaha untuk mempelajari dan memperdalam pelajaran tersebut.
Ketika UAN saya mendapatkan nilai matematika yang cukup memuaskan dan pada saat itu saya mulai mencoba untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan informatika . Tetapi pada tes itu saya belum mendapatkan kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut.
Tetapi saya tidak putus asa dan saya mencari informasi dimana perguruan tinggi yang masih membuka pendaftaran bagi jurusan informatika dengan akreditasi yang baik. Pada akhirnya saya mendaftar ke sebuah Universitas swasta yang jurusan informatikanya memiliki akreditasi A, dan Alhamdulillah kali ini Allah memberikan saya kesempatan untuk meneruskan cita-cita saya dan mempelajari ilmu tentang programming.
Dan mulai sekarang saya memiliki tujuan hidup yang harus saya raih dan capai dan mulai saat inilah perjuangan saya baru saja dimulai untuk meraih cita-cita tersebut dan saya akan berusaha semaksimal mungkin agar menjadi Programmer yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar